Komunikasi Bisnis 1

KOMUNIKASI BISNIS

Komunikasi bisnis adalah pertukaran gagasan, pikiran dan informasi yang memiliki tujuan tertentu yang dijelaskan secara personal atau impersonal melalui simbol-simbol atau sinyal.


Komunikasi bisnis melibatkan pertukaran informasi yang terus-menerus. Semakin banyak bisnis yang diperluas, semakin besar pula tekanannya pada bisnis tersebut dalam menemukan cara komunikasi yang lebih efektif – bersama para pekerja dan dengan dunia di luar. Dengan demikian, bisnis dan komunikasi berjalan secara bersamaan.

  1. Dasar Komunikasi dan Komunikasi Bisnis
A. Pengertian Komunikasi

- Menurut Edward Depari komunikasi adalah proses penyampaian gagasan, harapan atau pesan yang disampaikan melalui lambang tertentu yang mengandung arti. Sedangkan menurut Purwanto (2006:4), pengertian komunikasi bisnis yaitu komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis, mencakup berbagai macam bentuk komunikasi, baik komunikasi verbal ataupun komunikasi non verbal untuk mencapai tujuan tertentu. Pada dasarnya komunikasi bisnis ini dibagi dalam dua hal yaitu komunikasi verbal dan komunikasi non verbal.

- Secara umum komunikasi adalah penyampaian informasi dan pengertian dari seseorang kepada orang lain.


B. Unsur - unsur Komunikasi

Terdapat enam unsur dalam Komunikasi Bisnis, yaitu;
  • Memiliki tujuan, artinya komunikasi bisnis harus memiliki tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya yang sejalan dengan tujuan organisasi.
  • Pertukaran, dalam hal ini melibatkan dua orang atau lebih yaitu komunikator dan komunikan.
  • Gagasan, opini, informasi dan instruksi merupakan isi dari pesan yang bentuknya beragam tergantung tujuan, situasi, dan kondisinya.
  • Menggunakan saluran personal atau impersonal yang bersifat tatap muka, menggunakan media tertentu atau melalui media yang dapat menghubungkan jutaan orang secara bersamaan.
  • Menggunakan simbol atau sinyal yang merupakan alat atau metode yang dapat dimengerti atau dipahami oleh penerima untuk menyampaikan pesan.
  • Pencapaian tujuan organisasi: salah satu karakteristik yang membedakan organisasi atau lembaga formal dari informasi adalah adanya tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya oleh manajemen.

C. Bentuk Komunikasi

1) Personal Communication ( Komunikasi Pribadi )
  • Intrapersonal Communication ( Komunikasi Intrapribadi )
  • Interpersonal Communication ( Komunikasi Interpersonal )
2) Group Communication ( Komunikasi Kelompok )
  • Small Group Communication ( Lecture, Pannel discussion, Symposium, Seminar, Brainstorming, dll )
  • Large Group Communication / Public Speaking
  • Mass Communication ( Komunikasi Massa dengan media Pers, Radio, TV, Film )
D. Bisnis dalam pandangan Komunikasi

Azas-azas komunikasi modern lebih menekankan kebutuhan dan kesiapan komunikan dalam proses komunikasi. Itu lebih penting daripada fungsi pesan dan tujuan komunikator. Oleh karena itu, prinsip-prinsip yang lebih modern pun lebih memperhitungkan faktor peluang daripada produksi. 
Peluang pasar sebenarnya tidak selalu signifikan dengan penawaran barang dan jasa. Artinya, barang dan jasa dalam jumlah banyak tidak otomatis menyebabkan pasar menjadi jenuh. Sebaliknya, jumlah barang dan jasa yang sedikit atau langka tidak selalu menyebabkan peluang pasarnya menjadi besar.
Kegiatan promosi yang sangat efektif dewasa ini adalah memperkenalkan produk melalui jasa periklanan. Melalui kegiatan periklanan target yang diharapkan adalah konsumen mengenal karakteristik produk, memahami fungsi serta keunggulan produk tersebut, lalu yakin dengan keuntungan memakai produk tersebut.





Source:
https://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi_bisnis
http://sarungpreneur.com/pengertian-komunikasi-bisnis-menurut-para-ahli/
http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/komunikasi_bisnis/bab9-landasan_pemikiran_komunikasi_bisnis.pdf

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Komunikasi Bisnis 6

Komunikasi Bisnis 7

Tugas Softskill - Kepariwisataan